News Pariwisata & Budaya Pendidikan Seputar Bali

DISPERINAKER BADUNG APRESIASI UPAYA MENCETAK SDM UNGGUL-KOMPETEN-ADAPTIF DI ERA ADAPTASI KEBIASAAN BARU

Mangupura, Lintasbali.com – Pemerintah mendorong upaya-upaya yang komprehensif dalam menyiapkan sumber daya manusia (SDM) di segala sektor industri khususnya di masa pandemi ini agar tetap menyesuaikan programnya tanpa mengurangi kualitas program pelatihan yang diselenggarakan.

Hal tersebut disampaikan oleh Ni Luh Putu Miarmi ,SH.,MH (Kepala Seksi Akreditasi dan Sertifikasi, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Badung) saat memberikan sambutan sekaligus membuka Cooking Competition tingkat SMK serangkaian acara Dies Natalis IV Kaniva International di kampus setempat Jalan Kebo Iwa, Mengwi – Badung (12/12/2020).

Ni Luh Putu Miarmi ,SH.,MH (Kepala Seksi Akreditasi dan Sertifikasi, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Badung)

Disebutkan bahwa kegiatan ini merupakan wujud keseriusan pihak Kaniva International dalam melatih calon tenaga kerja yang dibutuhkan industri. Menurutnya, di era pandemi ini dibutuhkan strategi yang inovatif dan adaptif sehingga anak didik tidak dirugikan akibat pembatasan dalam wabah COVID-19 ini, mereka dilatih dengan tetap mengimplementasikan protokol kesehatan dan bahkan ditambahkan wawasan dan keterampilan dalam menyesuaikan diri terhadap perubahan perilaku konsumen dan juga standar operasional di industri.

“Kami apresiasi upaya naik ini agar proses penyiapan SDM yang unggul dan kompeten tidak terhenti akibat pandemi, justru harus lebih lincah menuju generasi yang adaptif dan tangguh” kata Ni Putu Miarmi.

Kegiatan lain yang diselenggarakan hari ini adalah dancesport competition yang bekerjasama dengan Pengprov Ikatan Olahraga Dancesport Indonesia (IODI) Bali. Sebelumnya juga telah selenggarakan berbagai lomba serangkaian Dies Natalis ke-4 ini dan sekaligus kesempatan untuk sosialisasi penguatan implementasi CHSE di lingkungan kampus.

Pihak kampus sangat yakin seluruh mahasiswanya sangat siap terjun ke industri kedepannya dan bahkan bulan lalu sudah ada 27 mahasiswa yang mengikuti seleksi lowongan tenaga kerja kapal pesiar di Lombok Timur dan dinyatakan telah lulus.

BACA JUGA:  Peradah Indonesia Beri Penghargaan Para Tokoh, Berikut Daftarnya

“Dengan nilai KASIH yang menjadi core value kami dan motto Empower Talent to Success kami senantiasa menguatkan karakter anak didik kami untuk menjadi insan-insan yang mandiri, kompeten, menghormati orang tua serta berjiwa besar untuk berjuang meraih sukses demi kesejahteraan keluarga”, kata Gus Suranata, SH.,CHPR, Direktur Kaniva International.

Gus Suranata, SH.,CHPR, Direktur Kaniva International.

Acara yang berlangsung sejak pagi hingga sore ini juga dihadiri oleh Komisaris Kaniva International Ketut Swabawa, Ketua IFBEC Bali Ketut Darmayasa, Ketua ICA Bali Hendra Mahena, Ketua IODI Bali Made Suparmi, perwakilan guru SMK pendamping peserta lomba, siswa SMK peserta lomba, serta perwakilan dari industri perhotelan sebagai mitra kerja kampus yang menerima pemagangan siswa serta pengguna tenaga kerja di industri.

Sementara itu, Ni Wayan Ekawati (Direktur Pengembangan dan Kerjasama Industri) menjelaskan pihaknya menyampaikan apresiasi kepada rekan-rekan industri pariwisata baik perhotelan, restoran dan kapal pesiar termasuk asosiasi kepariwisataan disamping sekolah kejuruan yang bekerjasama dengan sangat baik selama ini bersama lembaganya.

“Tanpa mereka kami bukanlah apa-apa, di masa pandemi ini kami tetap mengupayakan yang terbaik agar kepercayaan yang telah diberikan kepada kami dapat berlangsung dalam jangka panjang dan lebih berkualitas kedepannya”, kata Ekawati yang mantan praktisi HR dunia perhotelan di berbagai hotel berbintang ini. (Rls)

Post ADS 1