Destinasi News Seputar Bali Tech

PT. Indonesia Power Bali PGU Serahkan Bantuan Biogas Kepada Pemkab Gianyar

GIANYAR, Lintasbali.com – Sebagai bentuk kepedulian terhadap keberlangsungan lingkungan, PT. Indonesian Power Bali Power Generation Unit (PGU) kembali memberikan bantuan berupa Biogas skala rumah tangga kepada Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) Kabupaten Gianyar, Selasa (19/01/2021) bertempat di Desa Pupuan Kecamatan Tegallalang, Gianyar.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas PMD Gianyar Dewa Ngakan Ngurah Adi, Ketua TP PKK Gianyar Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra, Camat Tegallalang I Komang Alit Adnyana dan Kepala Desa Pupuan  I Komang Sumatra. Sementara itu PT. Indonesia Power Bali PGU diwakili oleh I Made Rakayana selaku Supervisor Keamanan dan Humas.

Kegiatan ini merupakan wujud sinergitas antara PT. Indonesia Power Bali PGU dengan Pemerintah Kabupaten Gianyar dalam program kegiatan pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) dan pengelolaan lingkungan.

Salah satu penerima bantuan Biogas skala rumah tangga yaitu I Wayan Suarjana yang merupakan warga Desa Pupuan mengatakan berawal dari memiliki sawah namun memerlukan pupuk untuk perkembangan tanaman yang ditanam.

Dirinya juga memiliki ternak sapi dimana kotoran dan air seni diolah menjadi pupuk kandang. Namun teknik pengolahannya belum maksimal sehingga hasilnya belum memadai.

Dengan adanya bantuan dari PT. Indonesia Power Bali PGU dan Pemkab Gianyar, akhirnya Biogas skala rumah tangga yang berasal dari pemanfaatan limbah kotoran sapi dan babi sangat bermanfaat mengurangi biaya operasional untuk pemakaian gas di dapur dan pupuk untuk sawahnya.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Gianyar sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh PT. Indonesia Power Bali PGU dalam usaha membantu masyarakat melalui sentuhan teknik mutahir yang dimiliki sehingga dapat menghasilkan Biogas skala rumah tangga. (AR)

BACA JUGA:  PLN 'All-Out' Sukseskan AFC U-17 Women’s Asian Cup Tahun 2024
Post ADS 1