News

Kadis PMD : Hampir 90 persen, Satgas Banjar atau Dusun Honornya Sudah ditransfer

DENPASAR, lintasbali.com – Dalam upaya menekan penyebaran Covid-19 di masyarakat, Pemerintah Kota Denpasar kembali mengaktifkan Satgas Covid-19 di setiap Desa dan Banjar se-Kota Denpasar sejak Januari 2021.

Setiap Desa melalui Banjar menerjunkan 10 orang Pecalang untuk melakukan pengawasan terhadap masyarakat yang beraktifitas sehari-hari di wilayahnya masing-masing. Pemerintah Kota Denpasar menyiapkan Rp 2 miliar untuk anggaran Satgas Covid-19 di Kota Denpasar.

Setiap Pecalang yang bertugas mendapatkan Rp 600.000,- per orang selama sebulan. Dana tersebut ditransfer ke rekening milik Pecalang masing-masing, tentunya dengan melengkapi berkas-berkas dan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) dari setiap Desa.

Ida Bagus Alit Wiradana, Kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kota Denpasar mengatakan saat ini pembayaran sudah dicairkan hampir mencapai 90 persen untuk setiap Desa dan Banjar.

Ida Bagus Alit Wiradana, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kota Denpasar

“Pembayaran sudah hampir 90 persen kami bayarkan. Sisanya belum dibayarkan karena ada beberapa kelengkapan yang belum dilengkapi oleh Desa”, kata Gus Wiradana saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (10/3/2021).

Pihaknya menyampaikan hanya ada beberapa Desa yang belum melengkapi data dan berkas sesuai dengan mekanisme yang ada. Misalnya kecocokan antara Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan Rekening dari Pecalang tersebut.

“Kita sampai jemput bola untuk menyelesaikan pembayaran. Bahkan kita sampai lembur dikantor demi pembayaran tepat waktu”, imbuhnya.

Tampak salah seorang petugas Dinas PMD Kota Denpasar lembur memeriksa berkas dari Desa/Dusun, Rabu (10/3/2021)

Gus Wiradana juga menyampaikan, pihaknya berupaya secepat mungkin mentransfer dana ke masing-masing rekening Pecalang yang bertugas. “Begitu data dan berkas lengkap, langsung kami proses pembayarannya”, terangnya.

Ditambahkannya, sebelum akhir Maret dirinya berharap semua berkas sudah dilengkapi dan proses pencairan terselesaikan.

BACA JUGA:  Denpasar Tambah 1 Orang Positif Covid-19 dari Transmisi Lokal

“Pokoknya sebisa mungkin pertengahan atau akhir Maret semuanya sudah ditransfer. Jika perlu bantuan, kami siap bantu di bagian mana yang belum beres”, pungkasnya. (AR)

Post ADS 1