Business News Pendidikan Seputar Bali

Pertama di Bali, S1 Kewirausahaan IPBI Gelar FGD Hasilkan Kurikulum Sesuai Pasar Industri

DENPASAR, lintasbali.com – Dalam upaya mencetak lulusan yang berkualitas dan siap bersaing sesuai dengan kebutuhan pasar industri, Prodi S1 Kewirausahaan menggelar Forum Group Discussion (FGD) dalam rangka menghasilkan kurikulum yang baik, bertempat di Auditorium IPB International, Senin (10/5/2021).

Hadir sekaligus membuka FGD tersebut Dr. I Made Sudjana, SE., MM., CHT., CHA, selaku Rektor IPB International didampingi I Made Kornelius, M.Pd selaku Wakil Rektor I IPB International Bidang Pendidikan dan Ketua Program Studi (Kaprodi) S1 Kewirausahaan Komang Shanty Muni Parwati, S.Pd., M.Par., M.Pro.

Dalam sambutannya, Dr. Made Sudjana menyampaikan sesuai dengan ketentuan pemerintah bahwa kurikulum di sebuah lembaga pendidikan harus mendapat masukan dari industri maupun stakeholder lain sehingga kurikulum ini benar-benar berguna bagi mahasiswa ketika lulus nanti.

“Kurikulum di S1 Kewirausahaan IPBI harus sesuai dengan kebutuhan pasar industri. Jadi apa yang diajarkan dikampus melalui kurikulum nya, menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing dengan di pasar industri,” kata Made Sudjana.

Dirinya menambahkan, kedepannya tidak menutup kemungkinan jika pelaku dan praktisi di dunia industri baik asosiasi maupun stakeholder terkait akan diajak bergabung memberikan ilmunya bagi mahasiswa di S1 Kewirausahaan IPBI.

Sementara itu, Ketua Program Studi (Kaprodi) S1 Kewirausahaan Komang Shanty Muni Parwati, S.Pd., M.Par., M.Pro dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa S1 Kewirausahaan ini pertama kali ada di Bali dan adanya di IPBI.

Dirinya menambahkan, FGD ini dilaksanakan untuk menerima masukan sekaligus membenahi beberapa butir dalam kurikulum yang sudah disusun tahun lalu. S1 Kewirausahaan IPBI sudah menyusun kurikulum setahun lalu sejak pandemi dan saat ini bersiap untuk dipatenkan sebagai bagian dari program S1 Kewirausahaan.

“S1 Kewirausahaan selalu menekankan pentingnya menjadi kreatif, inovatif, bermanfaat dan menjadi jiwa hospitality,” kata Shanty Muni Parwati.

BACA JUGA:  FMIPA Gelar Lokakarya SIMAK-OBE Implementasikan Kurikulum OBE

Institut Pariwisata dan Bisnis International (IPBI) saat ini menawarkan program perkuliahan untuk meraih gelar Sarjana Bisnis (S.Bns) selama 8 semester di Prodi S1 Kewirausahaan.

Strata sarjana bisnis berbasis pengetahuan, keterampilan, serta keahlian dari berbagai sektor di industri pelayanan hospitality. Program ini menekankan inovasi dan kreatifitas sebagai dasar jiwa wirausahawan yang ada dalam setiap mata pelajaran, bahkan dari sejak semester pertama.

Dengan tujuan perkuliahan untuk membangun jaringan, workshop pengembangan keterampilan, konsultan bisnis, dan perintis bisnis start-up. Prodi S1 Kewirausahaan memberikan materi -materi perkuliahan yang aplikatif  sesuai dengan kebutuhan di industry hospitality. Mahasiswa diharapkan mampu menjadi pribadi mandiri dan kreatif sebagai ciri pengusaha yang berguna bagi sesama. (AR)

Post ADS 1