Pendidikan

Universitas Udayana Perkenalkan 6 Guru Besar Baru

DENPASAR, lintasbali.com – Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di institusi Perguruan Tinggi, Rektor Universitas Udayana secara resmi memperkenalkan 6 (enam) Guru Besar Universitas Udayana yang dikemas dalam acara media gathering pada Selasa, 23 Mei 2022 di Nusantara Cuisine Universitas Udayana.

Berikut daftar 6 (Enam) Guru Besar Universitas Udayana yang akan dikukuhkan pada Sabtu, 28 Mei 2022 antara lain :

1. Pro. dr. drh. I Made Dwinata, M.Kes (Fakultas Kedokteran Hewan)

2. Prof. Dr. Ir. I Putu Sampurna, MS (Fakultas Kedokteran Hewan)

3. Prof.Dr.Dra. Ida Ayu Made Puspani, M.Hum (Fakultas Ilmu Budaya)

4. Prof.Dr.Dra. Wiwik Susanah Rita, M.Si (Fakultas MIPA)

5. Prof. Dr. dr. Tjokorda Gde Agung Senapathi, Sp.An., KAR (Fakultas Kedokteran)

6. Prof.Ir. Ida Ayu Astarini, M.Sc., Ph.D (Fakultas MIPA)

Foto bersama Rektor Universitas Udayana bersama enam Guru Besar Universitas Udayana

Rektor Universitas Udayana Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU dalam sambutannya menyampaikan data di Unud menunjukkan capaian guru besar rata-rata usianya lebih muda. Capaian guru besar sudah bisa dicapai dalam umur 20 tahun atau 30 tahun. Mencetak profesor dalam berbagai disiplin ilmu, besar sekali uang negara yang digunakan dan biasanya dikukuhkan usia 69 tahun.

Prof. Antara mengatakan, rasio dosen yang bergelar guru besar di Universitas Udayana sekitar 12 persen dan saat ini naik menjadi 12,6 persen kenaikannya. juga menambahkan saat ini jumlah Lektor Kepala di Unud sekitar 300 orang dan diharapkan dapat segera berproses menjadi Guru Besar kedepannya.

Ditempat yang sama, Prof. Antara juga menyampaikan saat ini Akreditasi Unud sudah meningkat dari A menjadi Unggul. Infrastruktur kampus juga sudah mulai dibangun seperti merencanakan membangun 8 Dekanat. Begitu pula perpustakaan, Gedung Kuliah, RS Udayana, Rumah Sakit Gigi dan Mulut.

BACA JUGA:  MDA Bali : Konsep “Bali Mawacara” Implementasikan di Masing-masing Desa Adat di Bali

Mengenai prosentase kelulusan mahasiswa Unud, Prof Antara mengatakan prosentase kelulusan mahasiswa perlu ditingkatkan kembali hingga tepat waktu. Kompetisi lulusan Unud bisa ditingkatkan lagi dan Tupoksi Lembaga Perguruan Tinggi dapat berjalan dengan baik.

Untuk proses perkuliahan, Prof. Antara berharap tahun 2023 nanti seluruh mahasiswa menempuh pendidikan di kampus Unud Jimbaran. Saat ini dirinya menambahkan setelah menyelesaikan ruang belajar untuk mahasiswa di kampus Unud.

Semetara itu, Ketua Forum Guru Besar Universitas Udayana Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, Sp.PD-KEMD dalam sambutannya menambahkan bahwa dibentuknya Forum Guru Besar Universitas Udayana adalah semata-mata untuk mendukung kemajuan institusi di bidang pendidikan.

“Kami berharap Guru Besar Universitas Udayana agar dapat bersama-sama memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan di institusi Universitas Udayana,” kata Prof. Suastika. (LB)

Post ADS 1