Pariwisata & Budaya

AHLI Meriahkan HUT RI untuk Menguatkan Semangat Kolaborasi dalam Pemulihan Pariwisata Indonesia

BULELENGPOST.COMAgenda tahunan peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia juga dimeriahkan oleh Asosiasi Pimpinan Perhotelan Indonesia (AHLI). Tahun 2021 lalu ketika asosiasi profesi ini baru terbentuk AHLI menggelar Rembug Kebangsaan Pariwisata Nasional 2021 dengan tema Kolaborasi SDM Pariwisata dalam Pemulihan Pariwisata dan Ekonomi Nasional.

“Tahun 2022 ini sejalan dengan tema HUT RI ke-77 kami mendukungnya dengan mengangkat tema Soliditas Antar-Sektor Pariwisata Untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. Terkoneksi dengan tema tahun lalu kita semua berharap agar semangat kolaborasi antar pemangku kepentingan ini tidak berhenti pasca pandemi COVID -19, sebaliknya harus semakin kuatkan” kata I Ketut Swabawa, Ketua Umum DPP AHLI saat dihubungi melalui pesan WhatsApp Sabtu, 13 Agutsus 2022.

Ketut Swabawa menjelaskan bahwa bergesernya tren kepariwisataan pasca pandemi ini ke arah HLL perhotelan solusi dan pariwisata kesehatan yang sudah terjadi yaitu pariwisata nomaden dan pariwisata digital, membutuhkan kolaborasi antar sektor yang lebih implementatif dan berdampak.

“Hygiene-Less contact-Low crowd hospitality solutions ini harus dengan konsep Hi-Tech, Hi-Touch and Hi-Care. Dan wellness tourism harus ditranslasikan bukan hanya berfokus pada aspek yang terdahulu seperti spa, massage, yoga dan sejenisnya namun kesan kesehatan yang terdapat juga pada 3 aspek pengembangan destinasi yakni aksesibilitas yang nyaman bebas macet dan polusi, amenitas yang ramah lingkungan dan menawarkan otentisitas kearifan lokal serta atraksi yang mampu menggugah semangat, meningkatkan imun dan kesegaran jiwa pengunjung. tugas menyusun / merevisi modul Sapta Pesona di Era Society 5.0 di Kemenparekraf RI.

Dikatakannya juga menjadi beberapa pertimbangan penting mengapa soliditas antar sektor usaha ini harus terus digaungkan. Selain agenda utama Rembug Nasional tersebut, masing-masing Dewan Pimpinan Daerah AHLI se-Indonesia juga mengadakan kegiatan di wilayah masing-masing.

BACA JUGA:  FRii Bali Echo Beach Berhasil Raih Sertifikasi CHSE dari Kemenparekraf RI

“Kami dari DPP AHLI telah menyurati semua DPD agar mengadakan kegiatan yang sifatnya kolaboratif dengan para pemangku kepentingan lainnya di daerah untuk mengadakan acara memeriahkan HUT RI. Sehingga rasa nasionalisme dan persatuan ini terasa nyata. donor darah, bantuan ke panti asuhan dan sebagainya”, .

Kegiatan rembug nasional dilaksanakan dengan konsep virtual talkshow hari ini, Senin, 15 Agustus 2022 dan mengundang sejumlah pakar dan tokoh pariwisata nasional seperti Prof. Azril Azhari, Ph.D, Dr. Hariyadi BS Sukamdani, Ferdi Arminius, MBA.,CHA.,CHGM , Panca Rudolf Sarungu, Robert Maningka dan lainnya.

Direncanakan pula Menparekraf RI, Sandiaga Uno, akan memberikan keynote speech di awal acara yang akan dipandu oleh Budi Rahman (Sekjen DPP AHLI) sebagai MC, Ketut Swabawa (Ketum DPP AHLI) sebagai Moderator dan Wishnu Handoko (Dewan Pertimbangan AHLI) sebagai perumus rekomendasi hasil acara bercakap-cakap. (LB)

Post ADS 1