Business

Implementasi ESG, PLN IP UBP Bali Kembangkan Program Konservasi berbasis Pemberdayaan Masyarakat di Hutan Bambu Sandan, Tabanan

TABANAN, lintasbali.com – Sebagai wujud implementasi ESG (Environmental, Social and Governance) dalam menjalankan bisnis berkelanjutan, PLN Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Bali kembangkan program konservasi berbasis pemberdayaan masyarakat di Kawasan Hutan Bambu Banjar Sandan, Desa Bangli, Kabupaten Tabanan, Bali.

Program konservasi berbasis pemberdayaan masyarakat di Hutan Bambu Sandan yang pada tahun ini masuk tahun ke 2. Pada awal tahun 2024 diawali dengan kegiatan dialog bersama pada Jumat, 15 Maret 2024 untuk menyusun rencana kerja program selama 1 tahun sekaligus menyusun rencana kolaborasi dengan para mitra diantaranya Pemerintah Desa Bangli, Kelompok Tani Hutan (KTH) Wana Kerta Lestari selaku kelompok binaan PLN Indonesia Power UBP Bali serta Yayasan Bambu Lestari selaku yayasan non profit yang bergerak dibidang konservasi bambu.

Perbekel Desa Bangli, I Made Ardiasa mengatakan bahwa Desa Bangli memiliki potensi hutan bambu yang dapat dikembangkan, dan pendampingan yang dilakukan oleh PLN Indonesia Power UBP Bali saat ini diperlukan oleh KTH Wana Kerta Lestari. Kegiatan pengelolaan dan pemanfaatan bambu yang layak panen sudah sesuai dengan ketentuan pemerintah, tentunya dipastikan aktifitas tersebut tidak merusak ekosistem hutan bambu.

“Dengan adanya program pengelolaan dan pemanfaatan hutan bambu ini diharapkan nantinya akan menambah jumlah populasi dan menambah jumlah varietas bambu yang ada di Hutan Bambu Sandan, serta kedepan Kawasan Hutan Bambu Sandan dapat menjadi Icon Desa Bangli serta menjadi tujuan destinasi wisata di Pulau Bali,” tambah Made Ardiasa.

Di Pulau Bali sendiri, bambu memiliki arti penting dalam kehidupan masyarakat Bali karena dapat dimanfaatkan untuk sarana prasarana upacara adat sehingga penting untuk terus dilestarikan. Bambu juga memiliki manfaat yang sangat besar bagi lingkungan yaitu dapat menjaga ekosistem air serta menjaga kestabilan tanah dari erosi dan longsor. Tidak hanya itu, bambu juga juga dapat dijadikan beberapa produk yang memiliki nilai jual sehingga memiliki manfaat ekonomi.

BACA JUGA:  OJK Terbitkan Aturan Inovasi Teknologi Sektor Keuangan

Untuk terus menjaga manfaat bambu khususnya yang berada di Kawasan Hutan Bambu Sandan, PLN Indonesia Power UBP Bali mengembangkan kegiatan konservasi untuk menjaga kelestarian hutan bambu serta melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk menciptakan nilai manfaat ekonomi bambu dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan kelompok sesuai dengan konsep Perhutanan Sosial yang digagas oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Tidak hanya melalui penanaman bibit bambu baru, agar kelestarian bambu tetap terjaga, dalam rencana program yang telah disusun bersama mitra, pohon bambu akan dibuatkan penomoran yang berfungsi sebagai basis data waktu tanam dan panen supaya dapat dengan akurat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk dilakukan panen.

Bambu yang siap dipanen akan dilakukan proses pengawetan dan diolah menjadi produk turunan seperti kerajinan dan dimanfaatkan menjadi sarana prasarana di Kawasan Hutan Bambu serta limbah daun bambu yang tidak termanfaatkan akan diolah menjadi media tanam untuk pembibitan bambu yang nantinya diharapkan bisa dipasarkan ke masyarakat luas.

Senior Manager PLN Indonesia Power UBP Bali I Made Harta menyampaikan bahwa program konservasi berbasis pemberdayaan masyarakat di Kawasan Hutan Bambu Sandan ini merupakan komitmen perusahaan untuk mengimplementasikan bisnis berkelanjutan sesuai aspek ESG pilar lingkungan dan sosial.

“Tentunya dalam menjalankan program ini kami tidak bisa berjalan sendiri, dukungan dan kolaborasi para pihak diperlukan untuk kebermanfaatan progam yang lebih luas lagi, kami ucapkan terima kasih kepada para pihak khususnya Pemerintah Desa Bangli yang sudah memberikan dukungan yang luar biasa kepada kami,” ucap Made Harta.

Selanjutnya, untuk lebih mengenalkan manfaat dan keindahan hutan bambu lebih luas lagi kepada masyarakat, PLN Indonesia Power UBP Bali akan mendorong Kawasan Hutan Bambu Sandan menjadi Kawasan Eduwisata berbasis lingkungan yang dapat dijadikan destinasi wisata baru bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Dewata Bali.

BACA JUGA:  RUPS BPR Lestari Bali, Tambah Modal Disetor Rp 100 Miliar

PT PLN Indonesia Power adalah Generation Company terbesar se-Asia Tenggara Sub Holding BUMN kelistrikan yaitu PT PLN (Persero). PLN Indonesia Power selalu berkomitmen untuk menjadi perusahaan energi yang berbasis teknologi, inovasi, dan berorientasi pada masa depan menuju The NEW PLN 4.0 UNLEASHING ENERGY and BEYOND. (Red/Rls).

Post ADS 1