Seputar Bali

Pemkot Denpasar Terus Genjot Upaya Pencegahan Virus Corona

Denpasar, Lintasbali.com – Berbagai langkah telah dan akan dilaksanakan Pemkot Denpasar guna menanggulangi penyebaran virus COVID-19 di Kota Denpasar, terutama menjelang Hari Suci Nyepi Tahun Baru Caka 1942 Tahun 2020. Hal ini mengingat rangkaian Hari Suci Nyepi tak lepas kaitanya dengan kerumunan masa.

Demikian terungkap saat digelar Rapat Mitigasi Covid-19 serta DBD di Ruang Praja Utama Kantor Walikota Denpasar yang menghadirkan perwakilan  OPD, Bendesa   Adat dan Kepala Puskesmas yang dipimpin Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Sekda, AAN. Rai Iswara, Asisten Pemerintahan Kesra, I Made Toya dan Asisten III IGN Edy Mulya  pada Senin (16/3).

Rapat Mitigasi Covid-19 serta DBD di Ruang Praja Utama Kantor Walikota Denpasar, Senin (16/3)

Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra mengatakan akan dilakukan  tindakan pencegahan virus Covid-19 secara besar- besaran di Kota Denpasar dengan melakukan sejumlah langkah seperti penyemprotan disinfektan pada saat dilaksanakan Upacara Pamelastian. “Selain itu pasca pawai ogoh- ogoh di malam Pangerupukan, mulai ditingkat desa juga akan dilaksanakan penyemprotan disinfektan secara masif di seluruh wilayah Kota Denpasar” ujar Rai Mantra.

“Upaya- upaya ini dilakukan Pemerintah Kota Denpasar tentunya agar tidak terjadi keresahan dan kesimpangsiuran ditengah masyarakat. Langkah ini juga memberi jaminan kepastian kepada masyarakat mengenai kesiapan Pemerintah Kota Denpasar dalam mengantisipasi penyebaran Virus Covid-19. Harus terus dilakukan tindakan preventif dengan proses yang pasti dan terukur, ” katanya.

Lebih lanjut dikatakan Rai Mantra, koordinasi melalui diskusi juga perlu dilakuakn untuk mengoreksi serta harus ada daya dukung secara kapasitas. “Dalam mengantisipasi Virus Covid-19 ini, Pemerintah Kota terus berupaya  menggerakan seluruh kekuatan Pemerintah Kota Denpasar serta partisipasi masyarakat melalui gotong royong. Langkah sosialisasi serta himbauan melakukan pencegahan mulai dari diri sendiri dirumah tangga dan dilingkungan diwilayah desa masing-masing masing terus dilakukan.

BACA JUGA:  Bank BPD Bali Siap Dukung Pariwisata Bali

Saat ini disinfektan terus dilakukan baik dikantor kantor pemerintahan mulai tingkat desa/kelurahan, pusat perbelanjaan, hingga ruang publik. “Sebelum pemelastian akan dilakukan penyemprotan secara massal di lokasi tempat yang dijadikan pemelastian demikian juga saat setelah selesai pengarakan ogoh ogoh pada upacara pengerupukan akan dilakukan penyemprotan disinfektan secara massal dengan mengerahkan 22 kendaraan dari BPBD, PDAM, Dinas Perkim dan DLHK,” katanya. Selain itu pemerintah juga mengharapkan swadaya masyarakat secara bergotong royong dalam menanggulangi Virus Covid-19 agar penanganannya dapat merata dan menyeluruh diseluruh wilayah Kota Denpasar,” tegas Rai Mantra.

Sementara Sekda Kota Denpasar, AAN. Rai Iswara dalam kesempatan yang sama mengatakan dalam penanganan virus COVID-19 di Kota Denpasar ini perlu keseriusan dari semua pihak dan seluruh stakeholder. “Agar tujaun yang dicapai dapat terealisasi dengan baik harus terus digencarkan koordinasi mengenai penanganan virus covid – 19 antar seluruh komponen ikut bergerak menanganinya” ujar Rai Iswara.

Post ADS 1