Kesehatan

K. Swabawa : “PAKAI MASKER MU” #Solidaritas #Kesetiakawanan

Denpasar, Lintasbali.com – Dalam perjalanan hari ini saya melihat atensi masyarakat khususnya komunitas baik banjar, desa dan kelompok lainnya sangat tinggi terhadap penggunaan masker. Setidaknya ada 7 titik saya melihat yang membagikan masker gratis dari seputar Sanur, Pesanggaran, Pemogan (2 titik), Jalan Teuku Umar, Jalan Veteran, Kesiman. Mereka tentunya sambil mengedukasi para #pemakaijalan akan pentingnya menggunakan masker jika sedang #keluarrumah. Benar sekali, #PakaiMaskerMuYaaaa…

Nilai apa yang bisa kita petik dari semua ini ?

Sejak pandemi COVID-19 ini saya memperhatikan bertumbuhnya suatu nilai di masyarakat yang (hampir) berkurang dan bisa saja menjadi punah kedepannya, yaitu nilai #KESETIAKAWANAN. Kita sudah sangat sering mendengar aksi kepedulian sosial dan kemanusiaan sebelumnya seperti bantuan bencana banjir, tanah longsor, erupsi gunung berapi, gempa bumi, tsunami, kebakaran, dan sebagainya. Yang sifatnya #sektoral atau #parsial bergerak pada satu objek walaupun cukup #massive.

Tapi wabah yang terjadi di seluruh dunia sekarang ini mampu menggerakkan seluruh umat #semesta di dunia melakukan hal yang sama pada obyek yang sama pula ; melawan COVID-18 dengan melakukan tindakan pencegahan secara bersama-sama; pemerintah-swasta-masyarakat. Kita Tidak boleh menyampaikan hal yang “beruntung” dalam wabah bencana seperti sekarang ini, namun kita mendapatkan #hikmah yang luar biasa timbul dalam setiap insan tentang kesetiakawanan yang tentunya dapat mempererat persaudaraan dan persatuan kita semua sebagai penghuni semesta.

Teman kita mendadak menjadi penjual masker, sembako, makanan, dan sebagainya. Demikian juga teman yang lain berminat membantu untuk membelinya. Banyak yang menggalang donasi bersama2 untuk disumbangkan kembali kepada masyarakat baik secara langsung maupun melalui SATGAS daerah hingga desa dan juga rumah sakit beserta petugas medis-nya.

Demikian sedikit contoh kecil yang saya perhatikan bagaimana setiap orang saat ini secara langsung dan tidak langsung menumbuhkembangkan nilai kesetiakawanan. Mengacu pada #SDGs (Sustainable Development Goals) maka nilai kesetiakawanan ini dapat menjadi stimulus pada dimensi kemasyarakatan untuk mengakselerasi pencapaian indikator yang terkandung di dalamnya.

BACA JUGA:  Tingkatkan Partisipasi Pendonor, PMI Bali Jalin Kerjasama dengan Organisasi Wanita di Bali

Mari kita selalu saling dukung, bersatu, meningkatkan kepedulian, soliditas serta peran serta dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Mari kita doakan mereka yang sedang sakit semoga cepat sembuh, kita doakan para petugas garda terdepan (dokter, tenaga medis, pihak satgas terkait) selalu dilancarkan tugasnya dengan selamat dan sehat sempurna, kita doakan saudara2 kita yang kehilangan pekerjaan agar mampu bertahan hidup dalam segala keterbatasan, kita doakan yang terbaik pula untuk para pemimpin bangsa, pemerintah dan negeri tercinta ini. Semoga wabah COVID-19 ini segera berakhir dengan penanganan yang baik.

Mari kita jadikan tahun 2020 ini sebagai titik awal #kebangkitan kembali #NILAIKESETIAKAWANAN menuju masyarakat yang rukun, harmonis, damai, cerdas dan sejahtera.

#SolidarityForHumanity
#OnePlanet
#TogetherWeAreStronger

Post ADS 1